Politik

Tiga Bapaslon Perseorangan akan Laporkan Bawaslu Fakfak ke DKPP, Ini Tanggapan Ketua Bawaslu

FAKFAK, kabarfakfak. com – Tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Perseorangan Untung Tamsil–Yohana Dina Hindom (UTAYOH), Donatus Nimbitkendik–Mustaghfirin (DOAMU) dan Abdul Rahim Fatamasya–Jeferson Jimi Liunsanda (RAJA) akan melaporkan Bawaslu Kabupaten Fakfak ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Hal itu disampaikan Untung Tamsil Bakal Calon Bupati Fakfak jalur Perseorangan kepada wartawan di depan Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Selasa (21/7/2020).

“Kami akan mengambil upaya-upaya hukum dalam rangka menuntut hak kami kepada Bawaslu dan kepada Bawaslu pun kami akan sampaikan atau laporkan keada DKPP,”tegas Untung Tamsil.

Menurutnya, didalam Peraturan Bawaslu Nomor 4 tahun 2009, tentang kode etik akan menjadi landasan bagi 3 Bapaslon Perseorangan untuk melaporkan Bawaslu Kabupaten Fakfak ke DKPP.

“Ada proses yang kemudian dibiarkan, ada konspirasi yang dibiarkan di dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dukungan perseoarangan,”kata Untung Tamsil.

Dia juga mengatakan bahwa, permasalahan proses Pilkada Kabupaten Fakfak untuk Perseorangan sudah dilaporkan ke KPU RI dan DKPP.

“Kapolda pun kami sudah hubungi dan sudah sampaikan ini, bahwa Fakfak menjadi perhatian serius untuk Pilkada serentak tahun 2020,”ujarnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak, Fachry Tukuwain.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak Fachry Tukuwain mempersilahkan bapaslon perseorangan laporkan ke DKPP.

“Penyelenggara Pemilu ada tiga, DKPP, Bawaslu dan KPU, jadi kalau ada prosedur yang dianggap cacat oleh bapaslon perseorangan silahkan laporkan ke DKPP,”ujar Fachry Tukuwain.

Dikatakannya, selain DKPP, pihaknya (Bawaslu,red) juga membuka ruang sengketa, jika ada bapaslon perseorangan yang mengajukan sengketa.

“Kami Bawaslu buka ruang sengketa, pada prinsipnya kami tunggu, karena ini prosedur yang kami bicara. Kita bicara pemilu inikan tidak bisa kita berlogika, dan berfilsafa,”pungkasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close