Politik

Besok, Bawaslu Fakfak Gelar Peningkatkan SDM Panwaslu Pertajam Pengawasan Pilkada 2020

FAKFAK, kabarfakfak.com – Terwujud pemilu yang adil dan berintegritas, maka pengawas pemilu (Panwaslu) harus memahami regulasi pengawasan pemilu.

Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Fakfak akan menggelar Peningkatan Kapasitas SDM Panwaslu Distrik yang akan dilaksanakan di Meeting Room lantai 5 Hotel Grand Papua Fakfak, 29 Juli 2020.

Hal itu disampaikan Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si, Senin (27/7/2020).

“Kegiatan ini diikuti oleh semua teman-teman Panwaslu Distrik di wilayah Kabupaten Fakfak. Saya berharap mereka hadir bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik,”pinta Tanggi sapaan akrabnya.

Dijelaskannya, Bawaslu memiliki dua tugas pokok, yaitu: Pertama, menyusun standar tata laksana kerja pengawasan tahapan penyelenggaraan Pemilu sebagai pedoman kerja bagi pengawas Pemilu di setiap tingkatan.

“Kedua, Bawaslu bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu dalam rangka pencegahan dan penindakan pelanggaran untuk terwujudnya Pemilu yang demokratis,”ujarnya.

Dikatakannya, dari dua poin dapat disimpulkan, tugas Bawaslu adalah menyusun standar kerja pengawasan, dan yang tidak kalah penting, Bawaslu sebagai lembaga negara yang memiliki peran pencegahan dan penindakkan pelanggaran Pemilu dengan tujuan menjaga berlangsungnya Pemilu secara demokratis.

“Titik tekan keberadaan Bawaslu adalah mengawasi berjalannya Pemilu secara demokratis. Artinya, keberadaan Bawaslu menjadi instrumen penting bagi keberlangsungan pesta rakyat yang demokratis,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close