Metro Fakfak

BTS Indonesa Gelar Pelatihan Penerjemahan Alkitab dalam Bahasa MBAHAM dan IHA

FAKFAK, kabarfakfak.com – PT. Bahasa Texhonolgy SolutIon (BTS) menyelenggarakan pelatihan penerjemahan Alkitab dalam bahasa MBAHAM dan IHA di Hotel Idrus Kabupaten Fakfak sejak 27 Juli dan akan berakhir 1 Agustus 2020.

Koordinator Fasilitator BTS Kabupaten Fakfak Welmina Merani, S. Pd mengatakan, pelatihan tersebur didukung oleh Wycliffe Associates sebagai pendukung penterjamahaan Alkitab di Indonesia.

“Jadi selama satu minggu ini, dua narasumber yang berasal dari bahasa MBAHAM dan bahasa IHA sebanyak 20 orang ini akan dibina untuk menjadi failitator utama dalam proses penterjemahan dua bahasa tersebut,”ujar Welmina kepada media ini, Kamis (30/7/2020).

Mereka diharapkab menjadi narasumber utama dalam oenyusunan bahasa MBAHAM dan IHA beersama komponen dari suku masing-masing.

“Target kita penyusunan bahasa ini akan selesai paling lambat tahun 2025 bersamaan dengan penyusunan bahasa-bahasa Alkitab dalam fersi bahasa Ibu di seluruh nusantara termasuk di tanah Papua,”jelasnya.

Sekretaris Umum Mbaham Matta Kabupaten Fakfak Domianus Tuturop sangat mengapresiasi dan mendukung positif terlaksanannya kegiatan tersebut.

“Saya melihat bahwa ini bagian yang sangat bermanfaat bagi generasi kita kedepan, sehingga bahasa daerah atau bahasa ibu ini tidak punah, selalu diingat,”ujarnya.

Yahya Murry salah satu peserta sebagai Narasumber merasa bersyukur dan berterima kasih kepada tim yang bisa melibatkan dalam proses pelatihan dan pelaksanaan bagaimana bisa menulis bahasa MBAHAM dan IHA melalui Alkitab.

“Ini luar biasa suatu mujizat besar terjadi karena ini tidak secara langsung membawa kita untuk bagaimana mengetahui dan tidak melupakan bahasa ibu yaitu bahasa MBAHAM dan IHA,”kata Yahya.

Sebelumnya, kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak Charles Kambu, S.Sos, M.Si atas nama Bupati. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close