Politik

Bawaslu Fakfak Kembalikan Berkas Permohonan Sengketa Bapaslon DOAMU

FAKFAK, kabarfakfak.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Fakfak, Selasa (4/8/2020) mengembalikan berkas permohonan sengketa yang diajukan bakal calon (Bapaslon) jalur perseorangan Donatus Nimbitkendik – Mustaqfirin dengan Jargon (DOAMU).

Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si mengatakan, permohonan sengketa sudah diterima dan diperiksa atau verifikasi materil namun berkas permohananya belum lengkap.

“Hal itu berdasarkan rapat pleno oleh tiga Komisioner Bawaslu yaitu, saya sendiri Abdul Tanggi Irirwanas, Fachry Tukuwain dan Yanpith Kambu,”kata Abdul Tanggi Irirwanas diruang kerjanya.

Adanya belum lengkap berkas tersebut, maka pihak Bawaslu mengembalikannya untuk diberbaiki dan dikembalikan ke Bawaslu hingga 7 Agustus 2020.

“Kita berikan kesempatan tiga hari kerja sampai dengan Jumat 7 Agustus 2020, dimana hari pertama dan hari kedua jam pelayanan mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, sedangkan hari terakhir jam 8 pagi sampai jam 12 malam,”ujarnya.

Adapun persyaratan yang belum lengkap antara lain, sebut Tanggi, Berita Acara KPU, beberapa alat bukti yang belum dileges di Kantor Pos, dan nama-nama saksi yang diajukan.

“Selanjutnya akan kita proses sesuai Keputusan Bawaslu No: 0419/K.Bawaslu/PM.07.00/VIII/2020 tentang petunjuk teknis penyelesaian sengketa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota,”jelasnya.

Diketehui bahwa, objek sengketa yang disengkatan adalah terkait Berita Acara KPU Fakfak yang menolak bapaslon DOAMU terhadap dokumen perbaikan syarat dukungan 28 Juli 2020 lalu.

Dengan dasar itu, bapaslon DOAMU, tadi malam Senin (3/8/2020) sekitar pukul 22.00 mengajukan permohonan sengketa ke Bawaslu Kabupaten Fakfak. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close