Pendidikan

Pandemi Covid-19, Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Kreatif dan Mandiri

FAKFAK, kabarfakfak.com – “Suara Hati” Ibu pertiwi memanggil para guru untuk membangun sinergitas dalam mewujudkan pendidikan berkualitas, khusus di era pandemic covid-19 yang melanda dunia juga bumi pertiwi Indonesia.

Hal tersebut merupakan suara hati pengabdi dunia pendidikan Kepala SD INPRES I Wagom Fakfak kepala Sekolah SD INPRES I Wagom Fakfak Kamis (12/8/2020).

“Pada masa pandemi para guru SD Inpres 1 Wagom tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran walaupun waktu terbatas,”ujat Welmina Marani.

Pandemi Covid-19, Peran orang tua menjadi pendidik atau pengajar di rumah.

Menurutnya, membangun sinergitas pendidikan yang berkualitas diperoleh ketika kegiatan belajar dan mengajar saling berhubungan,pengajaran harus memengaruhi pembelajaran, dan pembelajaran harus memengaruhi pengajaran.

“Kementrian pendidikan dan kebudayaan menertipkan keputusan menteri no 211/Sipres/A6/VIII/2020,Terbitkan kurikulum darurat pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus,dapat menggunakan kurikulum yg sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik” tegas Welmina.

Pelaksanaan pendidikan, lanjut Welmina beetujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidukan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.

“Satuan pendidikan pada kondisi khusus dalan pelaksanaan pembelajaran dapat 1.tetap mengacu pada kurikulum Nasional 2.Menggunakan kurikulum darurat, 3.Melakukan penyederhanakan kurikulum secara mandiri,” tambah Welmina Marani.

Welmina mengharapkan kerja sama semua pihak.orang tua agar dapat aktif berpartisipasi dalam kegiatan proses belajar mengajar di rumah.

“Guru terus meningkatkan kapasitas untuk melakukan pembelajaran interaktif dan sekolah dapat memfasilitasi kwgiatan belajar mengajar dengan metode yang paling tepat, kerja sama secara menyeluruh dari semua pihak, sangat diperlukan untuk menyukseskan pembelajaran di masa pandemi,”pintanya.

Pewarta : Frans Tamaela
Editor      : Monces

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close