PolitikUncategorized

Pasangan DOAMU dan KPU Sama-sama Punya Alasan Soal Dokumen B.I.I-KWK dan B.2-KWK

FAKFAK, kabarfakfak.com – Pasangan jalur peseorangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Donatus Nimbitkendik – H. Mustaqhfirin (Pemohon) dan KPU Kabupaten Fakfak (Termohon) sama-sama mempunyai alasan terkait Dokumen Model B.1.1-KWK dan Formulir Model B.2-KWK Perseorangan.

Yang dimaksud dengan Dokumen Model B.1.1-KWK Perseorangan adalah dokumen yang dicetak dari Sistim Informasih Pencalonan (SILON) yang ditandatangani bakal pasangan calon Perseorangan.

Sedangkan formulir Model B.2-KWK adalah asli hasil cetakan Rekapitulasi jumlah dukungan bakal pasangan calon perseorangan.

Dokumen Model B.1.1-KWK dan formulir Model B.2-KWK Perseorangan menjadi salah satu pokok yang disengketakan dalam Musyawarah terbuka (ajudikasi) Bawaslu Kabupaten Fakfak, Jumat (14/8/2020) siang.

Pemohon (DOAMU) dalam gugatannya, dibacakan bergantian oleh Bakal Calon Bupati Fakfak Donatus Nimbitkendik dan Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak H. Mustaqhfirin.

Dalam permohonan gugatan, Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak H. Mustaqhfirin menyatakan bahwa, tanggal 27 Juli 2020 pemohon (DOAMU) bersama LO dan Operator SILON telah menginput dokumen dukungan model B.1-KWK Perseorangan Perbaikan ke dalam Offline sebanyak 7.436 dan menginputnya ke dalam SILON Online kemudian mensubmit dan merekap dukungan perbaikan pada jam 21:15:41 WIT lalu mencoba untuk memprint out Model B.1.1-KWK Perseorangan Perbaikan, namun kendala jaringan dan listrik padam, sehingga hanya bisa mencetak formulir model B.1.1-KWK 1 Distrik dan Model B.2-KWK.

“Mengingat waktu penutupan penyerahan jam 00.00 WIT, sehingga diputuskan untuk bergegas menuju Kantor KPU Kabupaten Fakfak dengan membawa dokumen pernyataan dukungan Model B.1. KWK persorangan sebanyak 7.436 yang sudah di input kedalam SILON,”ujarnya.

Begitu tiba di Kantor KPU langsung mengisi buku daftar hadir atas nama termohon DOAMU dan dalam masa menyerahkan dokumen dukungan perbaikan tepat pada pukul 23.43 WIT.

“Ketua KPU Kabupaten Fakfak mempersilahkan kami masuk dengan membawa dokumen pernyataan dukungan perbaikan formulir model B.1-KWK perseorangan perbaikan sebanyak 7.436 dukungan,”jelasnya.

Selanjutnya, Ketua dan Komisioner KPU Divisi Tekni Penyelenggara menanyakan formulir model B.1.1-KWK Perseoarangan perbaikan dan B.2-KWK Perbaikan yang dicetak dari SILON, bakal pasangan calon Bupati Fakfak Donatus Nimbitkendik menjawab sementara dalam perjalanan.

“Sambil menunggu, bakal calon Bupati Donatus Nimbitkendik menyampaikan agar membuka SILON, lalu sama-sama menyaksikannya di layar in fokus, dan sangat jelas terlihat bakal pasangan calon persorangan atas nama Donatus Nimbitkendik bakal calon Bupati dan H. Mustaqhfirin bakal calon wakil Bupati Fakfak sebanyak 7.436. dukungan tersebar di 17 Distrik,”kata Mustaqfirin

Sekitar jam 23.48 WIT hasil cetakan model B.1.1-KWK perseorangan perbaikan sebanyak 1 Distrik dan model B.2-KWK diserahkan oleh Tim kepada bakal calon Bupati Donatus Nimbitkendik untuk diserahkan kepada Ketua dan Anggota KPU, namun Ketua dan Anggota KPU melalui Divisi Teknis mengatakan tidak bisa menerima.

“Karena katanya sesuai juknis 82 harus diserahkan sebanyak minimal 9 Distrik sementara Ketua dan Anggota KPU Fakfak tanpa memeriksa dan menghitung Fromulir B.1.-KWK Perseorangan perbaikan serta formulir B.1.1-KWK Persorangan perbaikan dan Model B.2-KWK hasil cetak dari SILON yang akan diserahkan oleh Bakal Pasangan Calon Perseoarangan Donatus Nimbitkendik dan bakal calon Wakil Bupati Fakfak H. Mustaqhfirin,”pungkasnya.

Tepat pada jam 00.00 WIT, Ketua KPU Kabupaten Fakfak menyatakan secara resmi menutup penyerahan dokumen dukungan perbaikan, maka pada tanggal 28 Juli 2020, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Fakfak menyatakan dokumen dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan atas nama Donatus Nimbitkendik bakal calon Bupati Fakfak dan H. Mustaqhfirin bakal calon Wakil Bupati Fakfak ditolak yang dituangkan dalam berita acara hasil pengecakan pemenuhan jumlah dukungan dan sebaran dukungan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020 masa perbaikan dengan Nomor : 50/PLO1.1BA/9203/KPU Kab./VII/2020 tanggal 28 Juli 2020.

“Setelah membaca berita acara tersebut, bakal pasangan calon perseorangan atas nama Donatus Nimbtkendik dan H. Mustaqhfirin bakal calon Wakil Bupati Fakfak sangat keberatan karena tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. KPU Kabupaten Fakfak tidak pernah memeriksa dan menghitung formulir model B.1-KWK Perseorangan perbaikan serta formulir B.1.1-KWK Perseorangan perbaikan dan model B.2-KWK Perseorangan Perbaikan hasil cetak dari SILON yang dibawah serta oleh bakal pasangan calon DOAMU,”jelasnya.

Sementara Termohon dalam hal ini Kuasa Hukum Yunus Basari, S.H dalam jawaban atau bantahannya mengatakan bahwa, pemohon tidak dapat menyerahkan dokumen berupa B.1.1-KWK dan B2-KWK.

Pasalnya, pada saat penyerahan syarat dukungan perbaikan yang dilakukan oleh Pemohon yang mana Pemohon hanya membawa Dokumen B.1-KWK sementara Komisioner KPU Kabupaten Fakfak beberapa kali menanyakan Dokumen B.1.1-KWK dan B2-KWK namun dijawab oleh LO bahwa Dokumen tersebut tidak ada.

“Pemohon melakukan penginputan dukungan sebanyak 7.436 darisistim offline ke online pada tanggal 27 Juli 2020 tepat pukul 21:15:41 Waktu Indonesia Barat yang manawaktu tersebut kalau di Indonesia Timur sudah menunjukan pukul 23:15:41,”ujar Yunus Basary.

Sebagaimana yang diisyaratkan Undang-undang adalah menggunakan waktu setempat.Sementara Pemohon tiba di kantor KPU Kabupaten Fakfak sudah menunjukan pukul 23.43 menit Waktu Indonesia Timur dan hanya membawa B.1-KWK dan tidak dapat menunjukan B 1.1-KWK dan B.2-KWK.

“KPU Kabupaten Fakfak tidak dapat memeriksa Dokumen Pemohon dikarenakan Dokumen yang mau di periksa tidak dapat ditunjukan oleh Pemohon sehingga tidak ada yang dapat diperiksa secara fisik dokumen hasil print dari SILON oleh KPU Kabupaten Fakfak,”beber Yunus Basary.

“Pihak Termohon mengeluarkan Berita AcaraNomor : 50/PL01.1-BA/9203/KPU-Kab/VII/2020 sesuai dengan hasil pengecekan sebagaimana di atur dalam petunjuk teknis Nomor 82/PL.02.2-Kpt/06/KPU/II/2020,”jelas Yunus Basary.

Dokumen Model B.1.1-KWK dan formulir Model B.2-KWK Perseorangan menjadi salah satu pokok yang disengketakan dalam Musyawarah terbuka (ajudikasi) kemarin, hari ini Sabtu 15 Agustus 2020 pukul 14.00 WIT akan dibuktikan dalam persidangan atau musyawawah sengketa dengan agenda pemeriksaan alat bukti dan pemeriksaan saksi. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close