Politik

KPU Fakfak Sosialisasi Syarat Pencalonan dan Syarat Calon Bupati dan Wabup, Ini Syaratnya

Suasana KPU Fakfak sosialisasi syarat pencalonan dan syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020/foto monces.

FAKFAK, kabarfakak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak mensosialisasi syarat pencalonan dan syarat calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Fakfak tahun 2020, di ruang rapat Kantor KPU setempat, Minggu (23/8/2020).

Kegiatan ini diikuti Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Fakfak dan Ketua Tim Pemenangan Bakal Pasangan Calon Pesesorangan yang dinyatakan memenuhi jumlah minimal dukungan dan pesebaran.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP membuka sosialisasi tersebut mengharapkan Parpol maupun bakal pasangan calon jalur perseorangan mengikuti sosialisasi ini dengan baik.

“Sehingga pada saat masa pendapaftaran nanti, bakal pasangan calon sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengikuti proses tahapan selanjutnya,”pinta Dekry.

Sementara Divisi Teknis dan Penyelenggaran Pemilu KPU Kabupaten Fakfak Hasanudin Rettob, S.Pdi menjelaskan secara detail tahapan pelaksanaan syarat pencalonan dan syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020 yang akan dilaksanakan 4 – 6 September 2020.

“Untuk bakal pasangan calon yang diusulkan dari Parpol/gabungan Parpol yaitu, memperoleh paling sedikit 20 persen jumlah kursi di DPRD Kabupaten Fakfak,”ujarnya.

Hasanduin menyebutkan rumus menghitung syarat pencalonan yakni, syarat pencalonan jumlah kursi DPRD Kabupaten Fakfak hasil pemilu Anggota DPRD Kabupaten Fakfak terakhir x 20 persen.

“Artinya syarat pencalonan  20 x 20 persen sama dengan 4 kursi. Syarat pencalonan jumlah seluruh suara sah hasil Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Fakfak terakhir x 25 persen, artinya syarat pencalonan 41.524 x 25 persen sama dengan 10.381 suara sah,”jelasnya.

Sedangkan, lanjut dia, syarat pencalonan bakal calon perseorangan yaitu, jumlah minimal dukungan yang telah dinyatakan memenuhi syarat pada tahap pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan, yang dapat mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak masa pendaftaran.

“Jadi pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020 yaitu, jumlah minimal dukungan sebanyak 5.179 dan jumlah minimal persebaran yaitu 9 Distrik,”jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP, Komioner Hasanudin Rettob, S.Pdi, Abdon Retraubun, S.E, dan Yanuarius Kery Meak, S.Sos, juga hari Ketua Bawaslu Fakfak Fachry Tukuwain, dan Komisioner Bawaslu Fakfak Yanpith Kambu, S.SAP. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close