Metro Fakfak

Jelang Sensus Penduduk Wawancara, BPS Fakfak Melatih Petugas

FAKFAK, kabarfakfak.com – Menjelang Sensus Penduduk Wawancara, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak menggelar pelatihan bagi 130 petugas selama dua hari dari tanggal 27-28 Agustus 2020 di Meeting Room Hotel Grand Papua Fakfak sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covif-19.

Peserta atau petugas yang mengikuti pelatihan berasal dari pegawai organik BPS dan para Mitra Statistik yang telah berpengalaman dalam kegiatan statistik.

Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, S.ST, M.Stat membuka kegiatan tersbut mengatakan, kegiatan ini bertujuan
memberikan pemahaman kepada calon petugas sensus tentang konsep dan definisi, organisasi lapangan, dan seluruh tata cara pelaksanaan SP 2020 September sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan.

Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, S.ST, M.Stat berpse bersama petugas SP 2020/foto Istimrwa.

“Setelah mengikuti pelatihan, petugas akan melakukan pendataan Sensus Penduduk 2020 secara door to door dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Ketua/ Pengurus Satuan Lingkungan Setempat (SLS) untuk melakukan pemeriksaan dan verifikasi daftar penduduk dilanjutkan dengan tahapan pendataan secara keseluruhan,”ujarnya.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan di lapangan, petugas akan mengenakan atribut, berupa rompi dan tas Petugas Sensus, perlengkapan alat pelindung diri (masker dan faceshield) serta surat tugas dari BPS dan wajib memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

‚ÄúDari hasil sensus penduduk yang diselenggarakan sekali dalam sepuluh tahun ini akan dihasilkan data dasar kependudukan,”kata Cahyo.

Lanjut Cahyo, data dasar meliputi jumlah, komposisi dan distribusi penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Data kependudukan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan di segala bidang. Selain itu data hasil Sensus Penduduk 2020 akan dijadikan dasar penghitungan proyeksi penduduk serta menjadi kerangka sampel pelaksanaan berbagai macam survei statistik,”jelasnya.

Untuk itu, Cahyo mengharapkan partisipasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Fakfak untuk ikut mensukseskan Sensus Penduduk di Kabupaten Fakfak dengan menerima kedatangan petugas sensus dan memberikan jawaban yang faktual. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close