Politik

Bapaslon DOAMU Tidak Lolos Jalur Perseorangan Pilkada Fakfak

Suasana hasil akhir rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi vaktual Bapaslon DOAMI yang dibacakan masing-masing PPD/foto monces.

FAKFAK, Kabarfakfak.com – Langkah bakal Pasangan Calon (Bapaslin) Bupati dan Wakil Bupati Fakfak dari jalur Perseorangan, Donatus Nimbitkendik – Mustaqhfirim kandas alias tidak lolos untuk mendaftarkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati tanggal 4 – 6 September 2020 mendatang.

Pasalnya, Bapaslon berjargon DOAMU ini tidak lolos dalam Verifikasi Faktual Perbaikan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak pasca putusan Bawaslu.

Tidak lolos Bapaslon DOAMU dari hasil Pleno Terbuka hasil Versikasi Faktual perbaikan pasca putusan Bawaslu Fakfak terhadap dukungan perseorangan Bapaslon DOAMU yang digelar KPU Kabupaten Fakfak, Kamis (3/9/2020).

Lamanya Rapat Pleni tersebut yang dimulai Pukul 14.14 WIT dan berakhir pukul 20.00 WIT, dikarenakan perdebatan soal angka dukungan Bapaslon DOAMU yang tidak sesuai dengan data yang dimiliki KPU.

Argumentasi soal angka dukungan itu, puluhan massa pendukung Bapaslon DOAMU yang berada di luar ruangan rapat pleno ikut menerikan tudingan miring terhadap KPU.

Akibat argumentasi soal angka dukungan yang tidak dapat dibuktikan Bapaslon DOAMU, membuat KPU tetap melanjutkan rapat pleno.

Rapat pleno sempat dihentikan oleh Bakal Calon Bupati Donatus Nimbitkendik untuk meminta KPU menyelesaikan persoalan angka dukungan, namun KPU tetap berpedoman pada regulasi, akhirnya Bapaslon DOAMU bersama LO-nya memilih keluar dari ruangan rapat pleno.

Rapat pleno dilanjutkan hingga selesai dengan hasilnya, Bapaslon DOAMU memenuhi syarat (MS) sebanyak 2.349 yang tersebar di 17 Distrik berdasarkan hasil Rekapitulasi yang dibcakan Panitia Pemilihan Distrik atau PPD.

Dengan demikian Bapaslon DOAMU dinyatakan oleh KPU tidak memenuhi syarat dukungan perseorangan yang telah ditetapkan KPU sebanyak 5.179 dukungan, sehingga gagal ikut mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak pada Pilkada 2020.

Rapat pleno tersebut dipimpin Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa, SP didampingi anggotanya Herman Bugis, SH, Hasanudin Rettob, S.Pd.i, Abdon Retraubun, SE, Yanuaris Kery Meak, S.Sos dan Plt. Sekertaris KPU Fakfak, Ocen Wairoy, SE,M.M.

Juga hadir Ketua Bawaslu Fakfak, Fahry Tukuwain dan anggota Yan Piet Kambu, S.AP, Kepala Kesbang Fakfak Mahmud La Biru, S.Sos. M.M dan Bapaslon DOAMU didampingi LO Herman Nur Pongoh. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close