Metro Fakfak

Konferensi Kerja I PWI Fakfak, Bupati Minta Wartawan Tingkatkan Kapasitas dan Kapablitas

FAKFAK, kabarfakfak.com – Wartawan diminta untuk meningkatan kapasitas dan kapabilitas dirinya dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai jurnalis.

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Fakfak Mohammad Uswanas saat memberi sambutan pada acara pembukaan Konferensi Kerja I PWI Kabupaten Fakfak di Ruang Arguni Hotel Grand Papua Fakfak, Rabu (9/09/2020).

“Wartawan tidak profesional, informasinya ngaco itu, wartawan membentuk cara pandang dan karakater berpikir dan mainset masyarakat dampak peran jurnalisme, jadi informasih itu betul-betul mampuh memberdayakan masyarakat, namun melaksanakan kontrol dalam menjaga kapabilitas,”ujar Bupati.

Untuk itu, menurut Bupati, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah mutlak yang harus dimiliki oleh wartawan dalam meningkatkan Kapasita dan Kapabilitas Jurnalis.

“Mulai dari memahami etika jurnalisme, hingga menggunakan teknologi dalam melaksanakan pemberitaan,”ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Fakfak Enriko R. Letsoin menyampaikan terima kasih atas bantuan pemerintah dalam meningkatkan komptensi wartawan di bidang Jurnalis.

“UKW yang kami laksanakan Desember 2019 lalu telah meluluskan 14 wartawan yang kompeten dengan rincian 2 wartawan Tingkat Utama, 6 Wlwartawan Tingkat Madya dan 6 Wmwartawan Tingkat Muda,”ujarnya

Berkaitan Konferensi Kerja ini, kata Ketua PWI, wajib digelar satu kali dalam tiga tahun masa jabatan kepengurusan PWI.

“Hal ini dilakukan sebagaimana diatur jelas dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) PWI, yang bertujuan membahas program kerja PWI Kabupaten Fakfak periode 2019-2022,”kata wartawan senior ini.

Disebutkannya, program kerja yang dibahas dianatarnya, program kesekretariatan, program peningkatkan kesejahteraan, program peningkatan profesionalisme wartawan dalam hal ini Ujian Kompetensi Wartawan atau UKW.

“Program kerjasama antar lembaga pemerintahan, lembaga profesi dan pihak profesional, dan beberapa program penting lainnya,”ujarnya.

Suasana undangan dan peserta Konferensi Kerja I PWI Kabupaten Fakfak Tahun 2020/foto monces.

Konferensi Kerja I PWI Fakfak yang dilaksanakan sehari ini, dihadiri selain Bupati, juga hadir Wakil Bupati Fakfak Abraham Sopaheluwakan, Waka Polres Fakfak Kompol Daniel D. Sarampang.

Anggota DPRD Fakfak, Marselus Rahamitu, Kasi Intel Kejari Fakfak, Mathys Rahandra, Ketua KPU Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, Ketua Bawaslu Fakfak Fachry Tukuwain, Kepala LPP RRI Fakfak, Pimpinan OPD serta undangan lainnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close