Politik

Sukseskan Pemilu 2020, KPU Fakfak Rekrut 50 Relasi

FAKFAK, kabarfakfak.com – Guna meningkatkan sosialisasi dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak merekrut 50 Relawan Demokrasi (Relasi).

Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa, SP mengatakan, relasi ini nantinya akan bertugas sebagai perpanjangan tangan KPU dalam melakukan sosialisasi ke seluruh wilayah Kabupaten Fakfak dengan menyasar segmen atau basis-basis tertentu yang telah ditentukan.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP.

“Relawan basis Internet, relawan basis komunitas, relawan basis disabilitas, dan relawan basis keagamaan, nah mereka ini sebagai kepanjangan tangan KPU untuk mensosialisasikan tahapan pemilukada dimasa pandemi Covid-19, tujuan utama meningaktkan partisipasi Pemilih pada 9 Desember 2020,”ujar Dekry sapaan akrab diruang kerjanya, Jumat (18/9/2020) pagi tadi.

Ketua KPU sangat mengaprsiasi animo pendafatar menjadi Relasi saat ini sebanyak 103 orang, lebih dari kuota yang dubutuhkan sebanyak 50 orang Relasi.

“Saya sangat apresiasi karena antusias masyarakat atau ade-ade yang menjadi relawan cukup tinggi, nanti kita akan seleksi lagi untuk mendapatkan 50 orang Relasi,”kata Dekry.

Dijelaskannya, 50 orang Relasi ini akan lebih banyak fokus pada Distrik-Distrik yang jumlah penduduk dan jumlah pemilihnya banyak, sehingga diharapkan partisipasi Pemilih pada 9 Desember 2020 meningkat.

“Mereka (Relasi) ini tidak berafiliasi partai politik, mereka memiliki komitmen dan tanggung jawab sebagai relawan demokrasi, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, juga memiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan,”jelasanya.

Pantauan media ini, calon Relasi telah mendapatkan arahan dari Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris KPU Kabupaten Fakfak Ocen Wairoy, S.E, M.M di depan Kantor KPU Kabupaten Fakfak.

Dalam arahannya, Ocen Wairoy, lebih menekankan terkait disiplin waktu dimana calon Relasi hadir tepat waktu, dan berpakaian rapi.

Juga calon Relasi mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 yaitu pakai Masker, Cuci Tangan dan Jaga jarak, tujuannya untuk mencegah penyebaran Virue Corona atau Covid-19.

Sesuai jadwal pelaksanaan, pengumuman pendaftaran hingga pengumuman hasil administrasi telah dilaksanakan, dan dilanjutkan dengan seleksi wawancara 19 September 2020.

Pengumuman hasil wawancara dilaksanakan 20 hingga 21 September 2020, bagi yang dinyatakan lulus seleksi melaporkan diri kembali ke Kantor KPU Kabupaten Fakfak 22 September 2020.

Selanjutnya 23 hingga 25 September 2020 dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek), dan Relasi atau Relawan Demokrasi mulai bekerja dari tanggal 25 September 2020 hingga 5 Desember 2020. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close