Hukum & Kriminal

Temuan Inspektorat, Dua Kontraktor ini Kembalikan Uang Negara

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Fakfak terus melalukan pemeriksaan dan pengumpulan alat bukti terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan plaza kuliner di Ubadari dan pembangunan rambu – rambu pariwisata di beberapa kampung yakni kampung Werpigan dan Kampung Air Besar Kabupaten Fakfak.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Fakfak melalui Kasi Pidsus, Hasrul, S.H mengatakan, untuk mengetahui terang menderang kasus tersebut, pihaknya (Kejaksaan,red) telah menyerahkan kepada Inspektorat Kabupaten Fakfak untuk melakukan audit dan menemukan kerugian negara.

“Terhadap kerugian negara itu, pihak kontraktor dalam hal ini proyek pembangunan plaza kuliner mengembalikan uang negara sementara Rp 20 juta, dan rambu – rambu pariwisata Rp 250 juta,”Kasi Pidsus, Hasrul,S.H diruang kerjanya, Rabu (30/9/2020).

“Saya mengapresiasi pengembalian kerugian negara, penindakan tindak pidana korupsi tidak semata kita penjarakan hukuman badan, tetapi penyelamatan kerugian negara itu yang diperlukan,”ujarnya.

Dikatakannya, Indikasi perbuatan melawan hukum yang merugikan keuangan negara yang ditemukan sementara oleh Inspektorat. Namun, untuk ekspos penetapan status perkara ini masih menunggu hasil dari BPK.

“Sebab, hasil perhitungan Inspektorat dengan tim auditor BPK itu berbeda. Sehingga kami akan mencari opsi pembanding dalam menghitung selisih kerugian yang ditimbulkan dalam proyek tersebut,”kata Hasrul menambahkan proyek milyaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus tahun 2018. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close