Metro Fakfak

Gubernur Papua Barat Akan Resmikan Gedung Gereja GKI Kalvari Jalan Kokas

Adrian Hindom Wakil Ketua PHMJ GKI Jemaat Kalvari (kiri) Ketus Panitia Peremian, Pintor Pengabean (tengah) dan Ketua Panitia Pembangunan, Frits Kabes/foto monces.
Adrian Hindom Wakil Ketua PHMJ GKI Jemaat Kalvari (kiri) Ketua Panitia Peremian, Pintor Pengabean (tengah) dan Ketua Panitia Pembangunan, Frits Kabes/foto monces.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Gubernur Provinsi Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan akan meresmikan gedung baru Gereja Kristen Injili (GKI) Kalvari Jalan Kokas di Kampung Werikapal Kabupaten Fakfak, Kamis 22 Oktober 2020.

“Bapak Gubernur akan tiba hari Kamis pagi menggunakan pesawat carteran, dan setelah peresmian hari itu juga kembali ke Manokwari Ibukota Provinsi Papua Barat,”ujar Ketua Panitia Peresmian Gedung Gereja GKI Kalvari, Pintor Pengabean disela-sela kesukannya di gedung Gereja Baru, Selasa (20/10/2020).

Dikatakannya, peresmian gedung gereja ditandai penandatanganan prasasti oleh Gubernur Dominggus Mandacan dan Wakil Ketua BP Am Sinode GKI di Tanah Papua Pdt. Hiskia Rollo, S.Th.,M.MG, kemudian pemotongan pita oleh Ibu Gubernur Papua Barat.

“Sementara yang mentahbisan gereja tersebut adalah Wakil Ketua BP Am Sinode GKI di Tanah Papua Pdt. Hiskia Rollo, S.Th, M.MG. Perlu ketahuai bahwa gereja ini menampung kurang 300 jemaat atau umat,”ujar Pintor Pangabean.

Sebelum peresmian, akan dilakukan prosesi alat-alat sakramen dari gereja lama ke gereja oleh para pelayan Firma dan prlayan umat (majelis jemaat).

“Tiba di gereja baru, alat-alat sakramen akan diantar kedalam gereja untuk digunakan di gedung gereja baru,”kata Pangabean didampingi Ketua Pembangunan Gedung Gereja Kalvari dan Adrian Hindom Wakil Ketua PHMJ GKI Jemaat Kalvari.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan, Frits Kabes menjelaskan, peletakan batu pertama pembangunan Gereja Kalvari 22 Oktober 2016.

“Adanya pelatakan batu pertama 22 Oktober 2016, maka kita meresmikannya juga tanggal 22 Oktober 2020, jadi pembangunanya kita lakukan selama 4 tahun,”kata Frits Kabes.

Suasana Ibu-ibu Konsumsi yang tengah mempersiapkan untuk acara peresmian gedung gereja GKI Kalvari/foto monces.

Disebutkannya, pembangunan gedung gereja Kalvari bersumber dari APBD Provinsi Papua Barat berupa dana hibah, dimana tahun 2016 sebanyak Rp 1 milyar dan tahun 2019 Rp 500 juta.

“Selain itu juga bantuan Pemerintah Kabupaten Fakfak dua tahun anggaran, dimana tahun 2014 Rp 50 juta, tahun 2016 Rp 100 juta, dan sumbangan donatur dan simpatisa jemaat Kalvari,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close