Metro Fakfak

Gubernur Papua Barat Resmikan Gedung Gereja GKI Kalvari Werikapal

Gubernur Ptovinsi Papua Barat Dominggus Mandacan dan Bupati Fakfak Mohammad Uswanas mengunting pita peresmian gedung gereja GKI Kalvari Werikapal/foto monces.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan meresmikan gedung Gereja Kristen Injili (GKI) Di Tanah Papua Jemaat Kalvari Werikapal Kabupaten Fakfak, Kamis (22/10/2020) siang tadi.

Peresmian gedung gereja ditandai membuka selubung papa nama, pengguntingan Pita dan penandatangan prasasti oleh Gubernur Dominggus Mandacan didampingi Bupati Fakfak Mohammd Uswanas dan Ketua Klasis GKI Di Tanah Papua Fakfak Pdt. Sofia Kabes, B.Th.

Penyerahan kunci gedung gereja oleh Ketua Panitia Frits Kabes kepada Ketua Pelaksana Harian Majelis Jemaat (PHMJ) Gereja Kalvari Pdt. M. Aritonang, S.Th selanjutnya diserahkan kepada Ketua Klasis GKI Di Tanah Papua Fakfak Pdt. Sofia Kabes, B.Th untuk membuka pintu gedung gereja, setelah doa pemberkatan.

Penandatangan prasasti oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan/foto monces.

Setelah pintu gedung gereja dibuka, dilakukan prosesi alat-alat sakramen dari gereja lama dibawah masuk ke gedung gereja baru oleh para pelayan Firman dan pelayan Umat (majelis jemaat), dilanjutkan dengan Ibadah Pentahbisan oleh Pdt. M. Aritonang, S.Th membawa Liturgi, dan Pembawa Firman Pdt. Petrus E. Imoliana, S.Th Kepala Bidang Umum Sinode GKI Di Tanah Papua.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan, gedung gereja Kalvari yang diresmikan ini merupakan proses pergumulan yang panjang oleh seluruh warga jemaat maupun hamba Tuhan.

Gubernur berharap, melalui peristiwa cukacita ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkokoh semangat kebersamaan serta memberikan nuansa baru dalam menumbuhkan tekat dan motifasi bagi segenap warga jemaat dalam memanfaatkan gedung gereja ini secara optimal melalui pendekatan kualitas kehidupan iman jemaat yang senantiasa bersyukur dan tetap mengandalkan Tuhan Yesus Kristus.

“Saya berharap gedung gereja ini dimanfaatkan baik untuk beribadah memuji memuliakan nama Tuhan, sehingga kedepan gereja ini bisa bertumbuh dan berkembang menghasilkan jemaat yang sanggup menjadi pengemban misi pelayanan gereja sesuai amanat agung Kristus sebagai kepala gereja,”ujarnya.

Penyerahan kunci gedung gereja oleh Ketua Panitia Frits Kabes kepada Ketua PHMJ) Gereja Kalvari Pdt. M. Aritonang, S.Th selanjutnya diserahkan kepada Ketua Klasis GKI Di Tanah Papua Fakfak Pdt. Sofia Kabes, B.Th untuk membuka pintu gedung gereja/foto monces.

Senada juga disampaikan Bupati Fakfak Mohammad Uswanas dalam sambutannya mengharapkan umat memanfaatkan gedung gereja ini dengan baik demi kemuliaan nama Tuhan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada bapak gubernur yang sudah berkenan hadir dalam peresmian gedung gereja, saya minta mari kita tepuk tangan untuk bapak gubernur,”ujar Bupati Uswanas.

“Setelah dilantik menjadi gubernur dari waktu ke waktu tanpa mengenal lelah hadir ditengah-tengah masyarakat seperti ini, dan itu hanyalah gubernur bapak Dominggus Mandacan, apa maknanya, hanya Tuhan dan beliau yang tahu, yang pasti menjadi berkah bagi kita, itulah wujudnyata dari pengabdian beliau sebagai wakil Allah,”kata Bupati Uswanas.

Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan Frits Kabes melaporkan, pembangunan gedung gereja GKI Jemaat Kalvari menghabiskan Rp 2 milyar lebih yang terdiri bantuan Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui dua tahun anggaran.

Prosesi alat-alat sakramen dari gereja lama dibawah masuk ke gedung gereja baru oleh para pelayan Firman dan pelayan Umat/foto monces.

“Tahun anggaran 2016 melalui dana hibah Rp 1 milyar, kemudian tahun anggaran 2019 sebesar Rp 500 juta, kami juga menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati Fakfak, karena pada tahun anggaran 2014 memporelah dana Rp 50 juta, dan pada tahun anggaran 2016 memperoleh dana Rp 100 juta,”ujarnya.

Selanjutnya, Panitia juga memperoleh bantuan dana reses dari DPRD Kabupaten Fakfak sebesar Rp 25 juta, bantuan dana dari Kementrian Agama Kabupaten Fakfak sebesar Rp 17 juta.

“Dan pada saat ini, kami merasa bangga dan melaporkan kepada bapak Bupati, kepala kampung kami yaitu kapal kampung Werikapal senantiasa menyumbangkan pikiran dan tenaga kepada kami jemaat Kalvari meskipun beragama Muslim, namun memberikan bantuan dari kampung Werikapal sebesar Rp 75 juta lebih,”sebutnya.

Suasana ibadah Pentabisan gedung gereja GKI Jemaat Kalvari Werikapal/foto monces.

Selain itu, lanjut Frits Kabes, ada juga bantuan donatur dan simpatisan jemaat Kalvari sebesar Rp 190 juta lebih. Untuk itu, Paniti menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan sumbangan sehingga terlaksana peresmian gedung gereja Kalvari.

“Semua bantuan bapak, ibu sehingga selesai dibangun dan terlaksana peresmian gedung gereja ini, Tuhan akan membalas kebaikan dan menjawab tepat pada waktunya,”ujarnya.

Pada kesempatan itu Gubernur menyerahkan bantuan bserupa sembako secara simbolis kepada pelayan Firman atau hamba-hamba Tuhan yang diterima Ketua Klasis GKI Fakfak.

Setelah itu, makan siang bersama dan setelah makan siang, Gubernur dan rombongan kembali ke Manokwari Ibukota Provinsi Papua Barat. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close