Politik

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Fakfak Ajak Masyarakat Sukseskan Gerakan Perekaman E-KTP

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak mengajak masyarakat dari Karas Pulau Tiga sampai ke Tomage Wamosan untuk berpartisipasi menyukseskan gerakan perekaman KTP elektronik atau E-KTP yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Fakfak.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Fakfak, Abdon Retraubun, S.E mengatakan, gerakan perekaman E-KTP merupakan tindaklanjut surat dari KPU RI untuk terus mendorong semua pemilih merekam E-KTP hingga sebelum tanggal 9 Desember mendatang.

“Kami KPU Fakfak telah menerima surat dari KPU RI berkaitan dengan gerakan perekaman KTP Elektronik seluruh Indonesia dan kami sudah koordinasi dengan Dukcapil,”ujar Abdon Retraubun ditemui awak media, Senin (16/11/2020).

Menurutnya, dari hasil koordinasi, Dukcapil Kabupaten Fakfak mampuh melayani perekaman E-KTP sampai sebelum tanggal 9 Desember 2020.

“Blangko KTP Elektronik yang tersedia sebanyak enam ribuh lembar yang disiapkan oleh Dukcapil untuk melayani masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik,”kata Abdom Retraubun.

Perekaman E-KTP ini, lanjut Abdon, merupakan upaya menjamin hak konstitusi Pemilih di Kabupaten Fakfak menuju Pemungutan Suara Pilkada serentak 9 Desember 2020

“Jadi masyarakat yang sudah memenuhi syarat dan mempunyai KTP elektronik bisa menggunakan hak pilihnya, untuk itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak agar mendorong dan mengajak warga yang belum mempunyai KTP elektronik untuk melakukan perekaman,”pintanya.

Dia menyebutkan, KPU Fakfak telah menerima data perekaman E-KTP di bulan September 2020 hingga Oktober 2020 sebanyak 591 orang.

“Kemudian Oktober sampai November 2020 ini, kami terima data perekaman KTP elektronik sebanyak 408 orang, sehingga total keseluruhan 999 warga yang sudah merekam KTP elektronik,”sebutnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close