HeadlineMetro Fakfak

Idul Adha, H. Ibdalsyah Munir Ajak Umat Islam di Fakfak Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT

Ceramah hikmah Idul Adha oleh DR. H. Ibdalsyah Munir, MA, Ahli Tafsir Al-Qur’an dari Universitas Ibnu Kaldum Bogor.

FAKFAK, kabarfakfak.com – DR. H. Ibdalsyah Munir, MA, Ahli Tafsir Al-Qur’an dari Universitas Ibnu Kaldum Bogor mengajak umat Islam di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan jalankan semua perintah Allah SWT.

Hal itu disampaika DR. H. Ibdalsyah Munir, MA dalam ceramah hikmah dan diskusi pringatan Idul Adha yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Fakfak di Masjid Baitul Makmur Fakfak, Selasa (21/8/2018) siang kemarin.

“Dengan peringatan Hari Raya Idul Adha ini, mari kita tingkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, jalankan semua perintah Allah SWT dengan keimanan dan keikhlasan serta tinggalkan jauh-jauh segala yang menjadi larangan-Nya. Inya Allah amal baik saudara diterima oleh Alla SWT,”ujarnya.

Menurutnya, Hari Raya Qurban atau Hari Raya Idul Adha adalah sebuah hari dimana kita memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail AS, putra Nabi Ibrahim AS, dalam rangka menguji sampai dimana ukuran ketaqwaan Nabi Ibrahim AS, kepada Tuhannya.

“Atas kehendak Tuhan juga Nabi Ibrahim menyembelih putranya Nabi Ismail, yang kemudian atas kekuasaan-Nya Nabi Ismail diganti dengan seekor domba, Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah hikmah yang baik, bahwa setiap manusia hendaklah rela berkorban, baik dengan harta benda, jiwa raganya bila diperlukan, baik itu untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, dan khususnya bagi agama kita,”jelasnya.

Yang menjadi pertanyaan disini, kata Ibdalsyah Munir, apakah kita sudah mengukur kadar rasa pengorbanan pada diri kita masing-masing, Apakah kita sudah siap kehilangan harta dan tenaga kita jika ada seseorang yang memerlukan pertolongan kita, Apakah kita sudah siap untuk berkorban apabila bangsa kita membutuhkan, Dan apakah kita siap untuk kehilangan harta dan tenaga apabila agama kita membutuhkan.

“Tentu jawaban semua pertanyaan tersebut hanya terletak di dalam hati masing-masing. Tetapi, apa yang kita lakukan dengan berkorban menyembelih binatang ternak ini adalah salah satu wujud perbuatan amal dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” kata H. Ibdalsyah Munir.

Menurutnya, kita tidak hanya dituntut untuk berqurban hanya pada Hari Raya Idul Adha saja, tetapi dalam kehidupan keseharian kita juga harus Selalu melakukannya, jika kita mampu dan ada yang membutuhkan.

Semenatara Ketua PHBI Kabupaten Fakfak, Drs. Suryanto Muchramsyah, M.Si dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan ceramah dan diskusi ini sebagai wujud menyambut hari raya Idul Adha yang mengandung spirit untuk menguatkan kembali ikatan-ikatan yang telah terlepas itu, olehnya spirit yang terlahir sekian ratus tahun lalu itu menjadi sangat relevan hingga hari ini.

“Dalam kehidupan sehari – sehari semangat ini bahkan telah menjadi sebuah urgensi, banyak persoalan daerah yang muncul akibat lemahnya spirit untuk berkorban bagi orang lain, spirit untuk berkorban bagi sesama, bahkan yang jauh lebih menonjol dalam kehidupan sehari-hari,”ujarnya.

Dikatakan juga bahwa, Idul Adha adalah saat yang tepat untuk mengambil hikmah atas hakikat hari raya tersebut, secara kebetulan Hari raya idul adha 1439 H atau yang sering kita sebut lebaran haji.

“Kegiatan ini sebagai wujud untuk kita dapat mengambil makna idul adha qurban dan diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai berkorban,”jelasnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Fakfak ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyalurkan kurban, sadaqah dan infaqnya kepada pihak panitia untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkannya.

“Semoga dimasa yang akan datang kita dapat lebih meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita melalui kegiatan-kegiatan ibadah seperti ini,”pintahnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close