HeadlineMetro Fakfak

Bupati Fakfak Resmikan Pengoperasian Pesawat “Rimbun Air”

Foto bersama Bupati Fakfak Drs. Mohammad Uswanas, M.Si usai peresmian pengoperasian peswat udara “Rimbun Air”

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Drs. Mohammad Uswanas, M.Si meresmikan pengoperasian pesawat udara Rimbun Air di Bandar Udara Torea Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Senin (8/10/2018) pagi tadi.

Peresmian pengoperasian pesawat Twin Otter DHC Series 400 produksi atau pabrikan asal Canada ini diawali dengan prosesi adat, pemecahan kandi dan dilanjutkan dengan penempelan stiker nama “Bomberay” dibadan pesawat oleh Bupati Mohammad Uswanas.

Dalam sambutannya, Bupati Uswanas menyampaikan terima kasih kepada Jeff Winata, Direktur Utama Rimbun Air yang telah memberikan kontribusi positif pembangunan di Kabupaten Fakfak khsusunya dibidang jasa penerbangan.

“Saya sebagai Pemerintah Daerah dan masyarakat adat disini, saya menyampaikan hormat dan jempol untuk pak Jeff. Pak Jeff secara bisnisnya sederhana, tetapi berkepentingan untuk daerah,”ujar Bupati Uswanas.

Menurut Uswanas, tidak ada di Papua pengusaha asli daerah beli pesawat, dalam sejarah baru, Jeff Winata yang lahir dan besar di Kabupaten Fakfak, yang hanya bisa membeli pesawat, dan tidak ada ada sedikit keuntungan untuk bupati, pemerintah, tetapi ada manfaat besar untuk daerah, itulah seoarang Jeff Winata, pengusaha sukses asli Fakfak.

“Ada pengusaha yang lain, tapi palingan beli yang bekas, kemudian yang lain itu kontrak, tapi pak Jeff itu buka plastik, tidak tau uangnya darimana, itu urusan pak Jeff, tapi yang pasti halal dan dinamis, karena memang produktif,”kata Bupati Uswans.

Uswanas berharap, adanya kehadiran Rimbun Air sudah bisa membantu dan memudahkan masyarakat Kabupaten Fakfak berpergian menggunakan transportasi udara.

“Kalau ada masalah-masalah, kalau ada kepentingan-kepentingan yang hanya jumlah sepuluh orang, lapor Bupati nanti kita koordinasi dengan pak Jeff dan kita carter, pasti murah, tidak usah kuaatir, karena pesawat ini milik kita semua. Sekali lagi terima kasih untuk pak Jeff, saya salut dan bangga, saya harap ini menajdi contoh untuk dunia usaha supaya orientasi dalam rangka mendorong kemajuan daerah kita,”imbuhnya.

Sementara Kapten Roy Yulius Rumuat mewakili Direktur Utama Rimbun Air, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Fakfak yang telah meresmikan pesawat Twin Otter DHC Series 400 produk dari Canada.

“Saya atas nama Direktur Utama Rimbun Group Holding Campany mengucapkan terima kasih, ditengah kesibukan pak Bupati berkenan untuk meresmikan nama Bomberay pada pesawat kami Twin Otter DHC Series 400,”ujarnya.

Roy menjelaskan, dirinya selama 20 tahun pernah melakukan penerbangan dengan jenis pesawat yang sama, hanya series 300. Namun series 400 ini banyak sekali perbedaannya, yang mana pesawat ini dilengkapi atau menggunakan mesin generasi terbaru.

“Kenapa Rimbun Air memilih pesawat ini, karena memiliki tenaga kemampuan yang lebih besar dan juga kecepatannya lebih cepat dan pesawat ini mampu terbang di ketinggian 25 ribu kaki. Pesawat ini sangat handal di daerah-daerah pedalaman, didaerah-daerah yang terbatas panjang landasannya juga ketinggian yang tinggi,”kata Roy.

Untuk itu. Kata Roy, Rimbun Air merasa terpanggil untuk turut berperan serta melalui jasa transportasi udara untuk melayani masyarakat khususnya masyarakat pedalaman di Papua.

“Saat ini kami miliki 3 pesawat, dan nama pesawat kami, semuanya dinamai khusus nama daerah-daerah di Kabupaten Fakfak, dan pak Jeff putra kelahiran asli Fakfak anak Fakfak, putera daerah Fakfak sangat bahagia tentunya karena peresmian nama diresmikan di tanah kelahiran dia yaitu di Kabupaten Fakfak ini,”kata Roy.

Rencana, lanjut Roy, tahun 2019, akan ada penambahan 2 unit jenis pesawat yang sama dan target lebih dari 10 pesawat yang akan beroperasi di Papua dan Papua Barat.

“Walaupun 3 pesawat kami masih melayani Nabire, Timika dan Merauke, namun kesediaan kami siap, apabila masyarakat Fakfak membutuhkan,”pintanya.

Hadir pada acara tersebut, selain Bupati Fakfak, Juga Sekda, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Kasdim 1706/Fakfak, Pimpinan OPD, Dirut Rimbun Air dan Crew serta Crew Wings Air, undangan lainnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close