EkonomiHeadline

Tiga Industri di Kabupaten Fakfak Menjadi Prioritas Bahlil Lahadalia

FAKFAK, kabarfakfak.com – Tiga Indutsri di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat menjadi prioritas Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia, yakni Hilirisasi Industri Pala, Industri Kayu/sawmill (somel) dan Perikanan.

“Nda usah teori macam-macam, karena tiga industri ini bahan bakunya semua sudah tersedia disini (Fakfak,red),”ujar Bahlil ditemui di kediamannya, Jln Brawijaya Kelurahan Fakfak Utara Kabupaten Fakfak, Jumat (7/6/2019) pagi.

Menurut dia, tiga industri tersebut dilaksanakan dengan baik dan lancar apabila didukung dengan Power Plant (pembangkit listrik) yang berkapasitasnya besar, yang rencananya akan dibangun 25 megawatt.

“Kita tahu bahwa Industri kayu butuh lsitrik, dan saya harap kayu itu tidak perlu keluar log, langsung kita buat kayu jadi, baru kemudian kita buat penetrasi eksport keluar,”kata Bahlili.

Lanjut dia, sama halnya dengan Industri Pala yang merupakan komoditi unggulan Kabupaten Fakfak, yang akan dijadikan Kabupaten Fakfak sebagai sentra pengumpul produksi dari seluruh komoditas pala dari luar Fakfak diantaranya Gorom dan Banda.

“Produksi komoditas pala dari daerah-daerah itu suplainya masuk ke Kabupaten Fakfak, kemudian kita eksport keluar, tapi minimal kita harus bikin kebun palanya,”ujarnya mengatakan sama halnya dengan perikanan.

Menurut dia, apabila tiga Industri tersebut sudah dilaksanakan, sudah tentu melibatkan masyarakat, salah satu misalnya Industri pala, karena masyarakat memiliki kebun pala.

“Apabila sektor ini jalan, kita melibatkan semua rakyat, karena rakyat yang punya pala, namun selama ini digantung harga dari Makassar, atau dari Surabaya, nah, kita bisa blok untuk ekspor keluar tepat sasaraan, sehingga nilai eknomisnya tinggi,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close