HeadlineMetro Fakfak

Di Asrama Fakfak Kota Studi Makassar, Mahasiswa Keluhkan Air Bersih

FAKFAK, kabarfakfak.com – Asrama Mahasiswa Kabupaten Fakfak Kota Studi Makassar yang diresmikan 04 Desember 2017 oleh Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si dikeluhkan penguninya yang tidak lain adalah mahasiswa asal Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat.

Meski mereka merasa nyaman huni atau tinggal di asrama yang begitu parmanen dan berlantai dua dilengkapi semua fasilitas ibarat losmen, namun satu kendala yang mereka hadapi adalah air bersih yang sangat sulit didapatkan.

Mahasiswa yang huni asrama itu harus mencari air bersih ditetangga dekat asrama, bahkan ada yang pergi ke family (keluarga) yang berada di wilayah Kota Makassar.

Kolam inilah yang dugunakan mahasiswa untuk BAB.

“Bahkan kami gali kolam di depan asrama untuk buang air besar (BAB),”ujar Ketua Asrama Mahasiswa Fakfak Kota Studi Makassar, Rano Karno Patiran baru-baru ini.

Rano mengatakan, dirinya bersama teman-teman mahasiswa telah meminta bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Fakfak untuk memasang pipa air bersih dari PDAM, namun hingga saat ini belum terjawab.

“Daripada menunggu pipa air bersih dari PDAM sudah dua tahun ini belum terwujud, kami minta supaya kalau bisa dilakukukan sumur bor yang hanya memakan biaya tidak terlalu besar,”ujar Rano berharap perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak.

Tampak bagian depan pintu masuk Asarama Mahasiswa Fakfak, Kota Studi Makassar.

Adanya kendala air bersih, menyebabkan sebagian mahasiswa asal Fakfak kota Studi Makassar lebih memilih keluar dari asrama dan kos sendiri.

“Teman-teman saya ada yang sudah keluar dari asrama, ya karena orang tua mereka ada uang tinggal diluar (kos,red), tapi seperti yang lain orang tua kurang mampu lebih memilih tinggal di asrama, tapi ya itu kendala air bersih dan membuat kami tidak semangat untuk kuliah,”keluhnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close