EkonomiHeadlineMetro Fakfak

Kadis PUPR Samaun Dahlan : Pasar Thumburuni akan Dibangun 4 Lantai, Lantai 1 Tempat Parkir Kenderaan

FAKFAK, kabarfakfak.com – Pasar Plaza Thumburuni Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat yang menjadi kebanggaan masyarakat Fakfak karena merupakan pusat perokomian akhirnya terbakar beberapa waktu lalu saat aksi demo damai yang berujung anarkis.

Adanya pusat perokomian ludes terbakar, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak berupaya membangunnya kembali, sehingga perikonomian masyarakat di pusat perikonmian (Pasar) satu atap itu kembali berjalan seperti biasanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Fakfak Samaun Dahlan, S.Sos. M.Ap mengatakan, Pemerintah Daerah kedepan akan membangun pasar Thumburuni berlantai empat, yang mana lantai satu akan dijadikan tempat parkir kenderaan, sedangkan lantau dua, tiga dan empat pusat perdagangan 9 bahan pokok.

“Jadi master plannya akan kita ambil semua lokasi dari terminal atas, sampai ke terminal bawa, kita akan gusur semua itu, dan kemudian akan kita rencanakan pembangunannya empat lantai, lantai dasar (satu,red) itu untuk parkiran, lantau dua sampai empat itu sembilan kebutuhan pokok,”kata Samaun Dahlan di Pasar Ikan Tanjung Wagom, Minggu (25/8/2019) pagi tadi.

Pembangunan pasar tersebut, menurut Dahlan, menggenjot anggaran yang sangat besar dan membutuhkan proses pembangunan yang lama, sudah tentu sumber anggarannya tidak saja terkuras dari APBD Kabupaten Fakfak, tetapi dia berharap juga APBD Provinsi maupun APBN.

“Untuk itu, kita sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat, dengan menyediakan master plan yang telah kita siap, sehingga anggaran yang begitu besar itu, tidak terkuras pada APBD kita, kalau terkuras maka pembangunan lainnya tidak bisa berjalan dengan baik,”jelasnya.

Namun, lanjut Dahlan, yang paling penting adalah, Pemerintah Daerah saat ini mengatasi kesulitan yang dihadapi para pedagang terkait lokasi yang mereka tempati.

“Pemerintah daerah dalam hal ini pak bupati dan wakil bupati tidak tinggal diam, saat ini pasar ikan tanjung wagom yang akan dijadikan tempat relokasi untuk mama-mama dorang jualan,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close