EkonomiHeadlineMetro Fakfak

DPRD Fakfak Sahkan APBD-P 2019 Diakhir Masa Jabatan

FAKFAK, kabarfakfak.com – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Fakfak Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 1.36.694.062.499,04 disahkan oleh DPRD Kabupaten Fakfak berdasarkan persetujuan 5 Fraksi Dewan.

Lima Fraksi Dewan itu yakni, Fraksi Amanat Pembangunan dengan juru bicara Muhammad Sunardi, SE. MM, Fraksi Kebangkitan Demokrasi dengan juru bicara Safi Yarkuran, S.Sos.

Fraksi Demokrat dengan juru bicara Fredy Kerryanto, Fraksi Nasional Demokrat dengan juru bicara Baguna Palisoa, dan Farksi Golongan Karya Bintang Indonesia Raya dengan juru bicara Drs. Freddy Thie.

Persetujuan APBD P tahun 2019 terungkap dalam penutupan sidang paripurna DPRD Kabupaten Fakfak yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Fakfak Siti Rahma Hegemur, ST di gedung sidang DPRD Kabupaten Fakfak, Rabu (4/9/2019) bearkhir pukul 17.30 WIT.

Penetapan hasil sidang paripurna dibacakan Sekretaris DPRD Kabupaten Fakfak Suryaiman Iribaram, SH selanjutnya penandatangan berita acara APBD-P oleh Ketua DPRD Kabupaten Fakfak, Siti Rahma Hegemur, ST, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Fakfak Samaun Hegemur, SE dan Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si selanjutnya hasil-hasil sidang tersebut diserahkan kepada Wakil Bupati Fakfak.

Ketua DPRD Kabupaten Fakfak dalam pidatonya menyebutkan, APBD-P TA 2019 ditetapkan dengan anggaran pendapatan daerah Rp  1.36.694.062.499,04, Belanja daerah Rp 1.475.140.975.847,68, pembiayaan daerah terdiri dari Penerimaan Rp 173.446.913.348,64, Pengeluaraan Rp 5.000.000.000, pembiayaan neto Rp 168.913.348,64.

“Setelah ditetapkan APBD Perubahan tahun anggaran 2019, maka saya harapkan kepada pemerintah daerah agar segera mengevaluasi ke gubernur provinsi papua barat,”ujarnya.

Dia juga mengharapkan kepada OPD maupun pemerintah kampung memperhatikan waktu pelaksanaannya, sehingga penyerapan dan pertanggungjawaban keuangan tidak menjadi keterlambatan.

Sementara Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si dalam pidatonya menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Fakfak yang telah bekerja keras keras dengan penuh kesungguhan melakukan kajian dan himbauan.

“Juga melakukan koreksi maupun saran yang sangat dibutuhkan demi perbaikan dan penyempurnaan terhadap materi sidang APBD-P tahun anggaran 2019,”ujarnya.

Wakil Bupati mengingatkan kepada Sekda, dan Pimpinan OPD untuk menyimak kembali rekomendasi yang disampaikan dalam pandangan akhir Fraksi Dewan.

“Rekomendasi fraksi dewan itu dipandang perlu untuk kita bahas dan tetapkan dalam RAPBD tahun anggaran 2020,”pinta Wakil Bupati.

Diakhir Pidato, Wakil Bupati menyampaikan terima kasih kepada Anggota Dewan yang mengakhiri masa pengabdiannya tahun 2019. Selama lima tahun kita bersama-sama bergandengan tangan mengawal penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

“Apabila dalam keseharian kita maupun tindakan ada yang tidak berkenan, saya mewakili pemerintah daerah dan seluruh masyarakat di Kabupaten Fakfak dari kasas tanjung besi sampai distrik tomage tanah rata menyampaikan permohonan maaf,”ujarnya.

Wakil Bupati juga menyampaikan selamat kepada Anggota Dewan yang terpilih kemblai pada pemilu legislatif tahun 2019 untuk mengabdi selama 5 tahun kedepan. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close