HeadlineHukum & KriminalMetro Fakfak

Komnas HAM Pastikan Kondisi 3 Tersangka Rusuh di Fakfak

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Papua beberapa waktu lalu bertandang ke Mapolres Fakfak Polda papua Barat.

Kedatangan Komnas HAM Perwakilan Papua yang dikoordinir Ivand, didampingi Pemantau Aktivis HAM Ronald Rumbiak, Heru dan Ronal Kabes untuk memastikan kondisi 3 tersangka kerusuhan 21 Agustus lalu.

“Kami hanya pastikan saja penegakan hukum 3 tersangka yang sementara sudah ditahan oleh Kepolisian, mereka dalam situasi yang baik dan diperlakukan secara manusiawi oleh peniyidik Polres Fakfak,”ujar Pemantau Aktivis HAM, Ronald Rumbiak ditemui di Bandara Torea Fakfak, Minggu (15/9/2019) pagi.

Dia juga mengapresiasi Tim Advokasi untuk Kemanusiaan terdiri dari beberapa Lembaha Bantuan Hukum (LBH) diantaranya LBH Gerimis, LPT3BH dan ELSHAM yang telah melakukan pendampingan terahadap Aktivis dan Masyarakat Papua yang diduga terlibat aksi demo damai yang berujung anarkis 21 Agustus lalu.

“Kami berharap lebaga bantuan hukum terus melakukan pendampingan hukum, dan kami juga berharap  kepada Kepolisian agar melakukan proses hukum secara adil dan terbuka,”ujarnya.

Ronald juga meminta kepada penyidik Polri agar melakukan proses hukum terkait kasus dugaan Makar harus mengedepankan aturan, sehingga tidak meresahkan masyarakat yang juga memahami aturan dan juga Lembaga Bantuan Hukum yang melakukan pendampingan.

“Kasus makar inikan bagian dari aspirasi masyarakat untuk menyampaikan atau mengemukakan pendapat dimuka umum. Untuk itu, dalam proses hukum harus hati-hati sekali dalam menetapkan tersangka kasus makar,”pinta Ronald.

Ditambahkannya, dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001tentang Otonomi Khusus (Otsus) bab 2 pasal 2 dijelaskan Papua memiliki lambang daerah sebagai panji kebesaran dan simbol kultur bagi kemegahan jati diri orang Papua dalam bentuk bendera daerah dan lagu yang tidak diposisikan sebagai simbol kedaulatan. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close