HeadlinePolitik

Paskalis Semunya : Tidak Ada UU Otsus Menyebut Cabup dan Cawabup OAP, Itu Just Issu

FAKFAK, kabarfakfak.com – Devisi Tehknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Paskalis Semunya menyatakan bahwa, tidak ada Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) yang mengatur tentang calon bupati (cabup) dan calon wakil (cawabup) Orang Asli Papua (OAP).

Hal itu ditegaskan Paskalis Semunya usai Sosialisasi PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Walikota Tahun 2019 yang digelar KPU Kabupaten Fakfak, Senin (4/11/2019) siang kemarin.

“Tidak ada dalam undang-undang Otsus menyebut Bupati dan Wakil Bupati Orang Asli Papua. Undang-undang Otsus hanya berlaku untuk pemilukda gubernur dan wakil gubernur,”tegas Paskalis Semunya.

Untuk itu ia meminta kepada Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) merevisi Undang-Undang Otsus, sehingga calon OAP bukan saja berlaku untuk calon gubernur dan wakil gubernur tetapi juga berlaku untuk calon bupati dan wakil bupati.

“Jadi pekerjaan MRP adalah revisi dulu undang-undang Otsusnya baru bisa kita bicara OAP dari bupati dan wakil bupati, tidak bisa kita bicara kalau undang-undang Otsus tidak direvisi, sepanjang tidak ada revisi maka itu Just Issu atau hanya issu,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close