HeadlinePolitik

Chaerudin Pawiloy Dinobatkan Marga “NAMUDAT”

FAKFAK, kabarfakfak.com –  Haji Chairudin Pawiloy bakal calon Bupati Fakfak yang akan akan bertarung bersama pesaing bakal calon lainnya pada Pilkada 2020, telah dinobatkan sebagai marga “Namudat”, yang merupakan salah satu Marga asli Fakfak.

Penobatan Haji Muda sebagai Marga Namudat berlangsung secara adat di rumah H. Karas Namudat di jalan Kristian Martha Tiahahu Keluarahan Wagom distrik Pariwari, Jumat (22/11/2019).

Untuk menyandang marga Namudat, lelaki berdarah Bugis Sulawesi Selatan (Sulsel) kelahiran Fakfak kurang lebih 30 tahun silam harus dinobatkan menjadi anak angkat dari Bapak H. Karas Namudad

Prosesi adat pengangkatan Chairudin Pawiloy sebagai anak angkat H. Karas Namudad oleh keluarga besar Namudat dipimpin langsung Ketua Adat Wilayah I Dewan Adat Mbaham Matta Jubaer Hobrouw, yang mengatakan, Hubungan keluarga Karas Namudat dengan Chairudin Pawiloy yang telah terbangun sejak lama,

Apa lagi lanjut dia, Chairudin lahir di tanah ulayat marga Namudat sehingga H. Karas Namudad melakukan proses pengakatan Chairudin sebagai anak angkat dengan marga Namudat.

“Hubungan silahtuahmi dengan Chairudin sudah terjalin lama dengan keluarga besar Namudat apa lagi anak ini juga baik dan berjiwa sosial yang tinggi serta dikenal di masyarakat Fakfak,”ujar Karas Namudad dalam proses adat pengangkatan Charudin sebagai anak angkatnya.

Dengan pengangkatan anak angkat Karas Namudat dan kini Charudin Pawiloy Namudat maka Jubaer Hombouw selaku Ketua I akan melaporkan prosesi ini ke Dewan Adat Mbaham Matta untuk diketahui.

Atas proses adat penobatan marga Namudat kepada Haji Muda itu, Chairudin menyampaikan terimah kasih dari keluarga besar Pawiloy kepada keluarga Namudad yang telah mengakatnya sebagai anak

Sementara itu, Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Fakfak, H. Badarudin Nonci saat prosesi tersebut mengatakan, mendukung sikap politik Chairudin Pawiloy Namudat untuk bertarung di Pilkada Fakfak tahun 2020 mendatang.

“Keluarga menghargai prosesi pengakatan anak kepada Chairudin Pawiloy sebagai anak angkat dari Karas Namudat dan prosesi adat ini merupakan penghargaan bagi kami keluarga Sulawesi Selatan yang sudah tinggal di Fakfak”, tutur Ketua KKSS Fakfak, Badarudin Nonci. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close